Tentang Kami

ava

"Yayasan KEHATI sebagai administrator Program TFCA Kalimantan telah melakukan penyaluran hibah kepada lembaga penerima hibah yang telah memenuhi syarat teknis dan administrasi"

TFCA (Tropical Forest Conservation Act) Kalimantan merupakan program kerja sama antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Amerika dalam rangka pengalihan hutang untuk kegiatan konservasi hutan, khususnya di Kalimantan berdasarkan perjanjian yang ditandatangani pada tanggal 29 September 2011, dengan The Nature Conservancy (TNC) dan Yayasan World Wide Fund for Nature-Indonesia (WWF Indonesia) sebagai Swap Partner. Program ini bertujuan untuk melindungi keanekaragaman hayati yang penting, meningkatkan mata pencaharian masyarakat di sekitar hutan, mengurangi emisi dan deforestasi dan degradasi hutan, dan melaksanakan program REDD+ di Indonesia.

Dana TFCA Kalimantan yang berasal dari pengalihan utang tersebut disimpan dalam bentuk dana perwalian dimana pengelolaannya dilakukan oleh Dewan Pengawas (Oversight Committee), yang terdiri dari perwakilan USG, GoI, TNC, WWF, dan institusi yang ditunjuk oleh keempat lembaga tersebut sebelumnya, berdasarkan kesepakatan-kesepakatan yang termuat dalam ketiga perjanjian yang telah ditandatangani oleh Para Pihak.

Fokus Program

TFCA Kalimantan memfasilitasi program konservasi, perlindungan, restorasi dan pemanfaatan lestari hutan tropis Kalimantan melalui kerja sama dengan Program Karbon Hutan Berau (PKHB) dan Program Heart of Borneo (HOB) di 4 Kabupaten target: Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Mahakam Hulu (Provinsi Kalimantan Timur), Kabupaten Kapuas Hulu (Provinsi Kalimantan Barat). Selain itu TFCA Kalimantan melakukan investasi strategis di wilayah Kalimantan lainnya.

Program Karbon Hutan Berau

Program Karbon Hutan Berau (PKHB) merupakan program kemitraan Pemerintah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK), berbagai lembaga pemerintah lainnya, lembaga swadaya masyarakat serta lembaga donor, untuk bersama-sama mengembangkan program percontohan pengurangan emisi karbon dari deforestasi dan degradasi hutan serta peningkatan stok karbon melalui kegiatan pengelolaan hutan secara lestari, konservasi hutan, restorasi ekosistem, dan rehabilitasi hutan (REDD+).


Download program karbon hutan berau

Program Heart of Borneo

Heart of Borneo merupakan inisiatif 3 negara yaitu Brunei Darussalam, Indonesia dan Malaysia berdasarkan prinsip konservasi dan pembangunan berkelanjutan untuk hutan tropis dalam dataran tinggi di Borneo. Inisiatif Heart of Borneo bertujuan untuk menjaga dan memelihara kelestarian hutan terbaik Borneo yang masih tersisa, untuk kesejahteraan generasi sekarang dan masa datang. Kawasan ini meliputi kurang lebih 23 juta hektar hutan yang terhubung secara ekologis di tiga negara.


Download program heart of borneo

Investasi Strategis

TFCA Kalimantan melakukan investasi di luar kabupaten target, dengan prioritas mencakup replikasi startegi pengelolaan sumberdaya alam lestari, dan program yang akan memberikan kontribusi substansial bagi tujuan TFCA, khususnya di Kalimantan.

Administrator

Administrator merupakan sekretariat pengelola program TFCA Kalimantan yang bertugas melakukan penjaringan usulan kegiatan, monitoring, evaluasi serta mengawal pelaksanaan program di lapangan. Yayasan KEHATI merupakan lembaga yang ditunjuk sebagai Administrator Program.

photo
M.S Sembiring
Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI
photo
Puspa Dewi Liman
Direktur Program TFCA Kalimantan
photo
Muhammad Abdul Syukur
Manejer Hibah
photo
Ahfi Wahyu Hidayat
Sp. Konservasi & Perubahan Iklim.
photo
Muhammad Fahmi Permana
Asisten Program
photo
Jefri Oloan Sinaga
Asisten Hibah
photo
Hamda Khairuzani
Asisten Data & Informasi
photo
Desi Heriyanti
Sekretaris
photo
Meilana Budi Nugrahani
Keuangan
photo
Nurma Rosalia
Asisten Program


Notice: Undefined variable: ub in D:\xampp\htdocs\dk.loc\hrdhelper.loc\libs\Controller.php on line 124

Notice: Undefined variable: ub in D:\xampp\htdocs\dk.loc\hrdhelper.loc\libs\Controller.php on line 136