KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME. Atas kehendak dan karunianya, administrator TFCA Kalimantan diberikan kesempatan kembali untuk mempublikasikan Laporan Tahun 2019. Tidak berbeda dengan laporan sebelumnya, bab laporan ini terdiri dari tujuh bab: pendahuluan; pengelolaan program; koordinasi, dan konsultasi; perkembangan dan capaian proyek hibah; dinamika, tantangan, dan strategi intervensi; status keuangan; serta rencana kerja 2020.

Pada semester I tahun 2019, Bersama tim teknis, administrator memulai proses penyusunan program prioritas siklus 5 dan finalisasi Rencana Implementasi 2018 – 2022 . Sementara pada semester II, diawali dengan persetujuan Dewan pengawas, administrator memulai proses siklus 5 melalui pengumuman, penerimaa, penilaian serta pendampingan perbaikan proposal. Pada akhir Desember 2019, terdapat 29 calon mitra yang masih dalam proses seleksi.

Menindaklanjuti selesainya kewajiban pembayaran utang pemerintah Indonesia, administrator memfasilitasi tim Evaluasi Kementerian LHK (GoI) melakukan evaluasi program melalui seri pertemuan dengan para pihak di Bogor, Pontianak dan Balikpapan. Hasil evaluasi merekomendasikan agar program TFCA Kalimantan dilanjutkan dengan beberapa butir penyempurnaaan yang perlu diperhatikan

Dalam 2019, terdapat 28 mitra yang aktif melaksanakan lanjutan kegiatannya, dengan tema konservasi species, perhutanan sosial dan penguatan lembaga masyarakat setempat untuk pengembangan ekonomi. Dalam periode tersebut, 3 mitra telah menyelesaikan kerjasamanya , sehingga pada akhir 2019 dari total 54 mitra TFCA Kalimantan, yang akan melanjutkan kegiatannya di 2020 adalah 25 lembaga.

Terima kasih kepada Dewan Pengawas, Tim Teknis dan semua mitra yang telah mendukung program TFCA Kalimantan, semoga apa yang kita kerjakan dapat menjadi sumbangsih penting untuk penyelamatan keanekaragaman hayati, hutan dan kesejahteraan masyarakat di Pulau Kalimantan, khususnya di lokasi kegiatan.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
Salam Lestari,

Direktur Program TFCA Kalimantan
Puspa Dewi Liman