Warning: Use of undefined constant REQUEST_URI - assumed 'REQUEST_URI' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/tfcakalimantan.org/public_html/wp-content/themes/milo-eco/functions.php on line 73
Info Hibah – TFCA Kalimantan

Info Hibah

TFCA KALIMANTAN

PERMINTAAN PENGAJUAN KONSEP
PROYEK HIBAH REGULER DAN PROPOSAL HIBAH KHUSUS

 

Tropical Forest Conservation Act (TFCA) Kalimantan adalah program kerja sama pengalihan utang antara Pemerintah Indonesia, Pemerintah Amerika Serikat, bersama dengan The Nature Conservancy dan The World Wild Fund for Nature. Program ini bertujuan untuk melindungi keanekaragaman hayati yang penting, menjaga karbon hutan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan ekonomi yang selaras dengan sumber daya hutan di Kalimantan.

Untuk mencapai keempat tujuan tersebut, program TFCA Kalimantan fokus untuk mendukung dua program konservasi yang sudah ada di empat kabupaten sasaran, yaitu: Program Karbon Hutan Berau (PKHB) di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, dan program Heart of Borneo (HoB) di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, dan Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. TFCA Kalimantan mengalokasikan 80% dari dana hibah yang tersedia untuk mendukung aktivitas-aktivitas konservasi di empat kabupaten tersebut. Sementara 20% dari dana hibah yang tersedia dialokasikan untuk mendukung aktivitas-aktivitas yang sesuai dengan mandat hibah di luar kabupaten sasaran di Pulau Kalimantan.

Pada 2019, Yayasan KEHATI sebagai administrator TFCA Kalimantan akan memulai proses hibah siklus 5 dengan kembali mengundang LSM yang bekerja di bidang lingkungan, kehutanan, konservasi atau pembangunan desa di sekitar kawasan hutan; kelompok masyarakat lokal dan masyarakat hukum adat serta perguruan tinggi di Indonesia; untuk menyampaikan konsep proyek/proposal yang sesuai dengan tujuan TFCA Kalimantan.

Siapa saja yang dapat mengajukan proposal?

01

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bekerja dibidang lingkungan, kehutanan, atau konservasi yang didirikan dan beroperasi di Indonesia.

02

Lembaga regional atau local yang aktif bekerja di Indonesia, termasuk masyarakat hukum adat atau kelompok masyarakat yang hidupnya bergantung pada sumber daya hutan.

03

Perguruan tinggi yang didirikan dan beroperasi di Indonesia

Skema Hibah:

Proram TFCA Kalimantan Penyaluran dana hibah TFCA Kalimantan dilakukan melalui permintaan proposal (call for proposal) kepada LSM atau KSM untuk mengembangkan kegiatan yang sesuai dengan program TFCA Kalimantan. Program TFCA Kalimantan mempertimbangkan banyak aspek dalam menentukan penyaluran dana hibah, termasuk adanya misi untuk meningkatkan kapasitas dan memberi kesempatan yang luas kepada LSM atau KSM lokal untuk terlibat dalam Program TFCA Kalimantan. Karena itu, TFCA Kalimantan mempunyai beberapa mekanisme dalam penyaluran hibah:

1. Hibah Reguler

Penyaluran hibah reguler ditujukan untuk LSM yang memiliki pengalaman  sekurang-kurangnya tiga tahun bekerja di bidang lingkungan, kehutanan, atau konservasi yang didirikan dan beroperasi di Indonesia. Lembaga regional atau lokal yang aktif berkerja di Indonesia, termasuk masyarakat hukum adat atau kelompok masyarakat yang kehidupannya bergantung pada sumber daya hutan, juga diperbolehkan untuk mendapatkan hibah reguler. Selain itu, perguruan tinggi yang didirikan dan beroperasi di Indonesia, khususnya perguruan tinggi negeri, dapat mengajukan usulan pendanaan kegiatan dalam mekanisme hibah reguler.

 

 

2. Hibah Khusus

Skema hibah khusus (Special Grant Facility/SGF) adalah skema hibahyang hanya diperuntukan bagi kelompok masyarakat lokal dan masyarakat adat di Kabupaten Berau, Kutai Barat, Mahakam Ulu, dan Kapuas Hulu. Skema hibah ini untuk memberikan kesempatan kepada lembaga lokal berpartisipasi dalam pelaksanaan program TFCA Kalimantan.  Masyarakat hukum adat atau kelompok masyarakat yang kehidupannya bergantung pada sumber daya hutan sangat didorong untuk dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan program TFCA Kalimantan di tingkat tapak melalui mekanisme hibah khusus ini.

Syarat dan ketentuan penerima hibah (Reguler & Khusus). Kebijakan dan Prosedur Penyaluran Hibah TFCA Kalimantan

Prioritas Program

Prioritas program siklus 5,  TFCA Kalimantan  mengacu pada Rencana Implementasi TFCA Kalimantan 2018–2022. Isu program diarahkan berkontribusi pada 4 outcome TFCA Kalimantan yaitu: (1) Hutan, ekosistem dan keanekeragaman hayati terlindungi; (2) Meningkatnya kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan; (3) Menguatnya praktik mitigasi perubahan iklim; (4) Perbaikan tata kelola sektor kehutanan dan perlindungan keanekaragaman hayati.

Strategi pencapaian outcome diharapkan dapat selaras dengan misi organisasi pengusul, dan mendukung rencana pembangunan di lokasi kegiatan.

01

Konservasi spesies kunci dan terancam punah di Kalimantan, antara lain, namun tidak terbatas pada Orangutan, Beruang Madu, Bekantan, buaya sinyulong, buaya muara, buaya siam, Arwana, Langur Borneo, Banteng, Badak, Gajah, Rangkong, dan Owa.

02

Perlindungan dan konservasi hutan dan keanekaragaman hayati di kawasan lindung dan/atau di luar kawasan lindung melalui pengembangan skema perhutanan sosial dan/atau kemitraan dengan pemegang izin/pengelola kawasan

03

Pengelolaan multi-pihak bentang alam sebagai habitat spesies kunci dan terancam punah di Kalimantan

04

Perlindungan tumbuhan/pohon langka yang terancam punah di Kalimantan

05

Pengembangan prototipe usaha masyarakat yang berkelanjutan dan selaras dengan nilai perlindungan hutan melalui peningkatan nilai dan pemasaran komoditas lokal hasil hutan bukan kayu, pertanian/perkebunan dan perikanan, termasuk pengembangan jasa lingkungan untuk mendukung pengelolaan hutan secara lestari

.

06

Pengembangan aksi mitigasi berbasis lahan dan non lahan yang terkait konservasi hutan dan keanekaragaman hayati (pencegahan kebakaran, kampung iklim, restorasi, pengelolaan lahan gambut dan mangrove, dan lainnya)

07

Pengembangan skenario REDD+ dan/atau inisiatif pendanaan

 

08

Mitigasi dampak pembangunan jalan paralel perbatasan dan lintas Kalimantan terhadap hutan dan keanekaragaman hayati

09

Dukungan terknis untuk penguatan perhutanan sosial/pengelolaan hutan berbasis masyarakat, pengembangan ekowisata,  penguatan kelembagaan mitra TFCA Kalimantan,  dan pengembangan usaha ekonomi masyarakat (Scalling Up) yang terkait dengan upaya konservasi

 

 

Lokasi program siklus 5 diprioritaskan menyasar pada 4 kabupaten sasaran, yaitu: Berau, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu di Kalimantan Timur serta Kapuas Hulu di Kalimantan Barat. Selain keempat kabupaten sasaran tersebut di atas, lokasi program siklus 5 dapat menyasar pada kabupaten diluar sasaran, diantaranya, namun tidak terbatas pada Kutai Timur, Kutai Kartanegara, dan Paser di Kalimantan Timur; Murung Raya, Katingan,  Pulang Pisau, Gunung Mas di Kalimantan Tengah; Kayong Utara di  Kalimantan Barat; serta kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara

Deadline dan Pengiriman

Batas akhir pengiriman konsep proyek hibah reguler dan proposal hibah khusus diterima paling lambat tanggal 31 Agustus 2019

Konsep proyek/proposal disampaikan melalui email:
tfca.kalimantan@kehati.or.id cc tfcakalimantan@gmail.com

*Untuk informasi sosialisasi siklus 5 dapat menghubungi :

Yayasan KEHATI – Administrator TFCA Kalimantan-Yayasan KEHATI,
Jl. Bangka VIII No. 3B Pela Mampang, Jakarta Selatan 12720,
Telp. (+62-21) 718 3185, 718 9349