Pengantar

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME. Atas kehendak dan karunianya, administrator TFCA Kalimantan diberikan kesempatan kembali untuk mempublikasikan Laporan Tahun 2018, yang berisi kegiatan Januari – Desember 2018 meliputi; pengelolaan program, koordinasi dan konsultasi, perkembangan dan capaian kegiatan mitra, dinamika, tantangan, dan strategi intervensi, status keuangan, dan rencana kerja tahun 2019.

Laporan ini disusun berdasarkan rangkuman informasi yang telah disampaikan secara lebih rinci dalam laporan kuartal dan laporan tengah tahun 2018.

TFCA Kalimantan adalah program kerjasama pengalihan utang antara Pemerintah Amerika Serikat (USG) dan Pemerintah Indonesia (GoI) dengan mitra TNC dan WWF Indonesia. Penyelenggaraan program dilakukan dilakukan oleh Yayasan KEHATI sebagai administrator, berdasarkan rencana implementasi yang telah ditetapkan oleh dewan pengawa.

Administrator menyalurkan hibah kepada lembaga yang diterima melalui proses seleksi untuk mendukung program HoB dan PKHB, khususnya dalam upaya konservasi spesies dan ekosistem, peningkatan ekonomi masyarakat, pengurangan emisi, dan penyebaran pembelajaran pelaksanaan kegiatan.

Pada tahun 2018, administrator melanjutkan proses seleksi siklus 4 yang dimulai sejak September 2017. Dari 69 usulan proposal yang diterima, 15 proposal mendapat persetujuan dewan pengawas dan dilanjutkan dengan kontrak kerja sama. Sehingga, sampai dengan akhir 2018, dari total 54 mitra, saat ini mitra yang masih aktif berjumlah 28 lembaga yang tersebar di empat kabupaten target dan beberapa lokasi lainnya.

Dalam pelaksanaan program TFCA Kalimantan, administrator juga melakukan koordinasi dan konsultasi kepada pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan jaringan LSM, antara lain untuk sinkronisasi dengan program HoB dan PKHB, penguatan kebijakan daerah, sosialisasi, dan presentasi hasil kegiatan mitra. Secara berkala administrator memfasilitasi pertemuan dengan Tim Teknis sebagai bahan kajian Dewan Pengawas dalam pengambilan keputusan.

Terima kasih kepada Dewan Pengawas, Tim Teknis dan semua mitra yang telah mendukung program TFCA Kalimantan, semoga apa yang telah kita kerjakan dapat menjadi sumbangsih penting untuk penyelamatan keanekaragaman hayati, hutan, dan kesejahteraan masyarakat di Pulau Kalimantan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
Salam Lestari,